Mengencangkan Payudara

Agar payudara tetap kencang dan bagus paska menyusui, latihlah otot-otot penyangga payudara serta lengan dan bahu Bunda. Latihan teratur juga akan membuat payudra berfungsi lebih baik.

  • Mendorong dinding. Berdirilah dalam posisi mendorong dinding dengan tangan lurus dan kaki terbuka sejauh satu paha satu sama lain. Condongkan tubuh ke depan perlahan-lahan sambil memeluk siku sampai mencium dinding. Lalu dorong tubuh ke posisi semula secara perlahan. Ulangi latihan ini minimal 10 kali. Tarik napas dalam-dalam selagi Anda mencondongkan tubuh ke arah dinding dan keluarkan napas pelan-pelan selagi mengangkat tubuh.
  • Duduk menyangga buku. Duduk tegak pada kursi bersandaran tinggi dengan kedua kaki menempel lantai. Rentangkan kedua lengan lurus ke samping dengan buku yang cukup berat pada masing-masing tangan. Kemudian tekuk siku dan perlahan-lahan bawalah buku-buku ke arah Anda setinggi bahu. Pertahankan selama lima hitungan dan luruskan kembali kedua lengan. Ulangi latihan ini sebanyak lima kali.
  • Mengepalkan tangan. Duduklah bersilang kaki dengan punggung lurus, tekuk lengan di depan dada dengan satu tangan mengepal dan tangan lain menekapnya. Dorongkan satu sama lain sehingga Anda merasakan regangan pada otot-otot dada. Gantilah tangan yang mengepal dan ulangi pada sisi yang lain. Lakukan masing-masing lima kali pada setiap lengan.
  • Membuat lingkaran kecil. Berdiri tegak dengan kaki terbuka berjarak satu bahu dan kedua lengan direntangkan ke samping setinggi bahu. Lemparkan lengan ke belakang, buatlah lingkaran penuh kea rah belakang sebanyak lima kali. Ulangi kea rah yang berlawanan sebanyak lima kali pula.
  • Tekanan tangan. Duduklah bersilang kaki dengan kedua tangan terlipat di depan tubuh setinggi bahu. Tekan kedua tangan satu sama lain sekuat mungkin. Kemudian lepaskan dan rasakan otot-otot pad abagian samping tubuh berkeut dan melamas, ulangi sampi 10 kali